MANAJEMEN
PENDIDIKAN ISLAM
MENETAPKAN STAKEHOLDER SEKOLAH / MADRASAH
Disusun
Oleh :
NAMA: ANDI NURWAHYUNI LALA
NIM: 14 35 011
PENDIDIKAN
GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
STAI
DDI MAROS
2015
BAB
I
PENDAHULUAN
A.Latar
Belakang
Manajemen pendidikan adalah
keseluruhan(proses) yang membuat sumber-sumber personil dan material sesuai
yang tersedia dan efektif bagi tercapainya tujuan-tujuan bersama.Stakeholder berbeda dengan public.Stake
holder dapat di katakanan sebagai public,namun belum tentu stakeholder atau tidak semua publik adalah stakeholder,walaupun
kata public seringkali di gunakan untuk menggunakan kata “stakeholder”,namun tidak sebaliknya.Publik sendiri diartikan
sebagai sekelompok yang memiliki kepentingan atau nilai-nilai yang sama dalam
situasi tertentuketika suatu public berhubungan dengan sebuah perusahaan,maka
public tersebut barulah dikatakan sebagai suatu Stakeholder yang artinya publictersebut memiliki kepentingan.
B.
Rumusan Masalah
a)
Bagaimanakah cara
menetapkan stakeholder sekolah/madrasah?
b)
Apakah peran
stakeholder dalam sekolah/madrasah?
C.Tujuan Penulisan
Bagaimana mengetahui
pentingnya peran pendidikan
sebagai dasar dalam
upaya pembangunan masyarakat , serta meningkatkan kepedulian dan
minat masyarakat terhadap
pendidikan dengan jenjang
yang lebih tinggi.
BAB
II
PEMBAHASAN
MENETAPKAN STAKEHOLDER
SEKOLAH / MADRASAH
Penetapan
stakeholder potensial dari lembaga
pendidikan merupakan proses yang sangat penting dalam manajemen lembaga.
Kesalahan dalam menentukan stakeholder potensial
tersebut akan berdampak pada kesalahan dalam proses manajemen selanjutnya yang
pada akhirnya akan menimbulkan tidak terserapnya produk dan layanan lembaga
pendidikan di masyarakat.
Sebagaimana
terlihat dari hasil pemetaan stakeholder di
atas, kegiatan yang dihasilkan dari pemetaan tersebut menghasilkan berbagai
harapan dari berbagai kelompok stakeholder.
Masing – masing harapan dari kelompok stakeholder
tersebut dimungkinkan memiliki perbedaan yang kontras antara satu kelompok stakeholder dengan kelompok stakeholder yang lain. Oleh karenanya
tidak mungkin semua harapan dan kebutuhan kelompok stakeholder tersebut dipenuhi oleh lembaga pendidikan. Itulah
sebabnya lembaga pendidikan harus memiliki kelompok stakeholder yang akan dipenuhi harapan dan kebutuhannya.
Proses
memilik kelompok stakeholder yang
akan menjadi sasaran untuk dilakukan pemenuhan kebutuhan dan harapan tersebut
itulah yang disebut dengan proses menetapkan stakeholder potensial. Dalam proses pemilihan ini tentu saja
sekolah / madrasah harus juga menyesuaikan dengan kondisi internal lembaga saat
ini dan yang akan datang, sehingga apa yang diinginkan dan diharapkan oleh stakeholder tersebut akan dapat dipenuhi
oleh lembaga. Itulah sebabnya sebelum dilaksanakan analisis, lembaga pendidikan
harus mengetahui hal – hal yang berkaitan dengan sumber daya yang ada di
lembaga tersebut. Identifikasi tersebut dapat dilakukan sebagaimana terlihat
pada tabel berikut :
1.
Sumber Daya Alam
Tim Manajemen
Jenis Jabatan
|
Kompetensi
|
|
Kualifikasi Pendidikan dan
Pelatihan
|
Pengalaman Kerja
|
|
Kepala
Madrasah / Sekolah
|
|
|
Waka
Kurikulum
|
|
|
Waka
Sarana Prasarana
|
|
|
Waka
kesiswaan
|
|
|
Waka
Humas
|
|
|
Jabatan
– jabatan lain
|
|
|
Guru
Bidang Studi
|
Jumlah
|
Kompetensi
|
|
Kualifikasi Pendidikan dan
Pelatihan
|
Pengalaman Kerja
|
||
Fiqih
|
|
|
|
Aqidah
Akhlak
|
|
|
|
Al – Qur’an
Hadis
|
|
|
|
SKI
|
|
|
|
Matematika
|
|
|
|
Kimia
|
|
|
|
Fisika
|
|
|
|
Biologi
|
|
|
|
Geografi
|
|
|
|
Sosiologi
|
|
|
|
Antropologi
|
|
|
|
Ekonomi
|
|
|
|
Sejarah
|
|
|
|
Seni Budaya
|
|
|
|
Bidang Studi
|
Jumlah
|
Kompetensi
|
|
Kualifikasi Pendidikan dan
Pelatihan
|
Pengalaman Kerja
|
||
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
|
|
|
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
|
|
|
Bahasa Arab
|
|
|
|
Bahasa
Inggris
|
|
|
|
Bahasa
Indonesia
|
|
|
|
Bahasa Asing
Lain
|
|
|
|
Muatan Lokal
|
|
|
|
Konselor dan
guru ekstrakurikuler
|
|
|
|
Administrasi
dan Tenaga Lain
Jenis Tenaga
|
Jumlah
|
Kompetensi
|
|
Kualifikasi Pendidikan dan
Pelatihan
|
Pengalaman Kerja
|
||
Administrasi
|
|
|
|
Laboran
|
|
|
|
Teknisi
|
|
|
|
Tenaga lain
|
|
|
|
2. Sumber Daya Nonmanusia
Anggaran
Fungsi
|
DIPA
|
PNBP
|
Yayasan
|
Bantuan
Luar
Negeri
|
APBD
|
Bantuan
orang tua
|
Bantuan
Lainnya
|
Jumlah
|
|
Loan
|
Grant
|
||||||||
Pendidikan dan pengajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesiswaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pembangunan
fisik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesejahteraan
pegawai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perpustakaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Belanja
barang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kerumah
tanggaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemeliharaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kerja sama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Publikasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Beasiswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Infrastruktur
dan Gedung



Data Bangunan
Jenis Bangunan
|
Jumlah
|
Luas (meter persegi)
|
Ruang
Pimpinan
|
|
|
Ruang
Administrasi
|
|
|
Ruang Guru
|
|
|
Ruang Kelas
|
|
|
Ruang
Laboratorium
|
|
|
Auditorium /
Aula
|
|
|
Gedung
Olahraga
|
|
|
Ruang
Perpustakaan
|
|
|
Masjid
|
|
|
Asrama
|
|
|
Ruang
Koperasi
|
|
|
Kamar mandi
/ WC
|
|
|
Lapangan
Olahraga
|
|
|
Ruang Parkir
|
|
|
Sarana Umum
|
|
|
Ruang Kosong
|
|
|
Hasil pemetaan sumber daya tersebut
kemudian digunakan untuk melakukan analisis dalam menentukan stakeholder utama dari lembaga
pendidikan. Proses analisis tersebut dilakukan dengan membandingkan antara
sumber daya yang ada di lembaga pendidikan dan proyeksinya empat tahun ke depan
dan kebutuhan dan harapan stakeholder. Dalam
menentukan stakeholder potensial lembaga
pendidikan digunakan perbandingan antara kemampuan pemenuhan sumber daya di
lembaga pendidikan sampai dengan empat tahun ke depan dengan tingkat kecukupan
dalam pemenuhan kebutuhan dan harapan stakeholder.
Semakin tinggi tingkat kesesuaian tersebut, maka akan semakin potensial
pula stakeholder tersebut bagi
lemabaga pendidikan.
Proses analisis tersebut akan lebih
muda jika dilakukan pertama terlebih dahulu sebagaimana tema – tema yang ada
dalam proses pemetaan stakeholder. Untuk
menghindari banyaknya analisis per tema yang mungkin perlu dilakukan di sekolah
/ madrasah maka dapat dipilih tema – tema yang potensial saja. Proses analisis
perbandingan per tema tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan tabel berikut
:
Contoh
Tema : Tingkat
Ekonomi 1.000.000 – 2.000.000
.................................................................................................................................
Kebutuhan
dan harapan stakeholder :
Kemampuan
rata – rata menanggung biaya pendidikan : .......................................
Sumber Daya
|
Kemampuan Pemenuhan Sumber Daya
(Prosen)
|
Tingkat Kecukupan dalam Mencapai
Kebutuhan Dan Harapan Stakeholder
(Prosen)
|
Kualifikasi Pencapaian
|
||||
Th 1
|
Th 2
|
Th 3
|
Th 4
|
Th 5
|
|||
SDM
Tim
Manajemen
Guru
Administrasi
dan Tenaga Lain
|
|
|
|
|
|
|
|
Non SDM
Anggaran
Ruang
Pimpinan
Kelas
Perpustakaan
Laboratorium
Ruang
UKS
Ruang
Olahraga
Lapangan
Olahraga
Tempat
Parkir
Sumber
Daya Non Manusia Yang Lain
|
|
|
|
|
|
|
|
Demikian pula analisis terhadap tema
– tema yang lain dapat dilakukan sebagaimana tabel di atas. Hasil proses
perbandingan dengan mendasarkan tema – tema tersebut kemudian diberikan kualifikasi
pencapaian dengan menggunakan skor “A”, “B”, dan “C”. Kualifikasi pencapaian
dengan skor “A” mengindikasikan bahwa dengan sumber daya tersebut mestinya
lembaga mampu untuk memenuhi kebutuhan dan harapan stakeholder. Kualifikasi “B” mengindikasikan bahwa dengan sumber
daya tersebut mestinya lembaga mampu untuk memenuhi kebutuhan stakeholder saja (tanp harapan).
Sedangkan kualifikasi “C” mengindikasikan bahwa lembaga tidak akan mampu
memenuhi kebutuhan dari stakeholder.
Selain menganalisis setiap tema,
perlu juga dilakukan analisis lintas tema dengan mendasarkan pada skor
kualifikasi pencapaian. Misalnya tema – tema yang mendapatkan skor “A” meliputi
tema tentang profesi guru, karyawan PNS non – guru, karyawan non-PNS, dan
pengusaha. Kemudian tema yang berkaitan dengan tingkat ekonomi meliputi
penghasilan 2.000.000 ke atas dan tema tentang jarak rumah stakeholder mencakup radius 0 – 10 kilometer dari sekolah /
madrasah. Dengan mendasarkan tema – tema yang mendapatkan skor kualifikasi
pencapaian “A” tersebut kemudian dilakukan analisis tema profesi pengusaha –
penghasilan di atas 5.000.000 – jarak rumah ke sekolah / madrasah di atas 5
kilometer. Jika hasil analisis tersebut tetap menghasilkan kualifikasi
pencapaia “A”, maka profesi pengusaha dengan penghasilan di atas 5.000.000 dan
rumahnya lebih dari 5 kilometer ke sekolah / madrasah merupakan stakeholder potensial lembaga pendidikan
tersebut. Mungkin saja akan terdapat kesamaan hasil dengan analisis lintas tema
yang lain, karena adanya kebutuhan dan harapan yang sama. Dengan demikian,
dimungkinkan bahwa stakeholder potensial
dari lembaga pendidikan tersebut terdiri dari beberapa profesi, beberapa
tingkat ekonomi dan beberapa segmen yang mendasarkan pada jarak rumah ke
sekolah / madrasah.
Contoh
Tema : Profesi
pengusaha – penghasilan di atas 5.000.000 – Rumah berjarak 5 km atau lebih dari sekolah / madrasah.
Kebutuhan dan
harapan stakeholder :
...............................................................................................................................................
Kemampuan
rata – rata menanggung biaya pendidikan : .........................................
Sumber Daya
|
Kemampuan Pemenuhan Sumber Daya
(Prosen)
|
Tingkat Kecukupan dalam Mencapai
Kebutuhan Dan Harapan Stakeholder
(Prosen)
|
Kualifikasi Pencapaian
|
||||
Th 1
|
Th 2
|
Th 3
|
Th 4
|
Th 5
|
|||
SDM
Tim
Manajemen
Guru
Administrasi
dan Tenaga Lain
|
|
|
|
|
|
|
|
Non SDM
Anggaran
Ruang
Pimpinan
Kelas
Perpustakaan
Laboratorium
Ruang
UKS
Ruang
Olahraga
Lapangan
Olahraga
Tempat
Parkir
Sumber
Daya Non Manusia Yang Lain
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata – rata
kualifikasi pencapaian : ...........................................................................
Analisis
tentang kesesuaian tersebut tentu harus dilakukan dengan mendasarkan prinsip
jujur, mandiri, dan keterbukaan. Jujur artinya bahwa lembaga pendidikan harus
mampu menggambarkan dengan jujur perkembangan sumber dayanya selama 5 tahun ke
depan dan secara jujur menyatakan “mampu” atau “tidak mampu” dalam pemenuhan
sumber daya tersebut. Dengan demikian kualifikasi pencapaian “A” atau “B” atau
“C” yang dihasilkan dari proses analisis tersebut benar – benar menggambarkan
kondisi yang sesungguhnya.
Mandiri artinya bahwa proses
analisis tersebut dilakukan dengan inisiatif sendiri dan harus dilakukan secara
periodik. Dengan demikian, perkembangan atau penurunan dari sumber daya
tersebut dapat diketahui sehingga skor kualifikasi pencapaian benar – benar
dapat dipakai patokan.
Keterbukaan artinya bahwa proses
analisis tersebut dilakukan oleh tim dan dibahas dalam forum sekolah / madrasah
secara terbuka, sehingga berbagai kekurangan dalam proses analisis dapat
diperbaiki dan skor kualifikasi pencapaian benar – benar dapat dipakai patokan.
Selain menggunakan analisis
sebagaimana telah diuraikan di atas. Proses penentuan stakeholder potensial juga harus memperhitungkan latar belakang dan hal – hal yang
menjadi dasar dalam pendirian lembaga pendidikan tersebut. Hal – hal yang
berkaitan dengan latar belakang dan dasar pendirian lembaga tersebut tidak
dapat dianalisis dengan menggunakan logika, namun biasanya diketahui secara
jelas oleh pendiri atau pimpinan lembaga. Jika para pendiri lembaga masih
hidup, maka dengan mudah dapat diidentifikasi landasan dan latar belakang
pendirian lembaga. Biasanya para pendiri lembaga sekaligus juga menjadi
pemimpin lembaga tersebut sehingga proses penentuan stakeholder potensial tinggal hanya mengadopsi analisis tentang kecukupan sumber daya
terhadap pencapaian kebutuhan dan harapan stakeholder. Sedangkan jika pemimpin lembaga sudah bukan pendiri,
maka visi pemimpin lembaga tersebut akan sangat berperan terhadap penentuan stakeholder potensial lembaga.
Dengan mendasarkan pada stakeholder potensial lembaga dan berbagai landasan filosofis lembaga inilah
kemudian kegiatan utama lembaga pendidikan dapat ditentukan. Walaupun secara
garis besar kegiatan utama sekolah / madrasah adalah pendidikan dan pengajaran,
namun dalam proses pelaksanaannya terdapat berbagai variasi yang merupakan
perwujudan dari keinginan dan harapan dari stakeholder potensial.
Berbagai bentuk
pembelajaran dalam mata pelajaran muatan lokal atau berbagai jenis pelayanan dalam
proses pendidikan dan pengajaran serta penunjangnya merupakan beberapa contoh
yang dapat dilihat jika hendak mengidentikasi stakeholder potensial lembaga
pendidikan. Sekolah / madrasah yang memiliki stakeholder potensial dari
tingkat ekonomi menengah ke atas misalnya akan melaksanakan proses pembelajaran
dengan menggunakan berbagai bantuan teknologi, setiap kelas dibimbing oleh
beberapa guru, kegiatan pembelajaran kontekstual dapat dilaksanakan dengan
baik, pembimbingan anak dengan menggunakan teori belajar konstruktivis dapat
dilaksanakan, dan berbagai bentuk layanan pendidikan lainnya dapat dengan mudah
untuk dilaksanakan. Sedangkan madrasah yang terletak di daerah dengan banyak
pondok pesantren dengan stakeholder utamanya berasal dari
santri pondok pesantren akan melaksanakan berbagai kegiatan pembelajaran yang
sangat terkait dengan berbagai pelajaran yang ada di pondok pesantren tersebut
dan kegiatan – kegiatan yang sangat terkait dengan pondok pesantren.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Stakeholder Lembaga pendidikan
merupakan proses yang sangat penting dalam manajemen lembaga.Kesalahan dalam
menentukan stakeholder potensial
tersebut akan berdampak pada kesalahan dalam proses perubahan menejemen
selanjutnya yang pada akhirnya akan menimbulkan tidak terserapnya produk dan
layanut dengan lembaga pendidikan di masyarakat.Itulah sebabnya sebelum
dilakukan analisis,lembaga pendidikan,harus mengetahui hal-hal yang berkaitan
dengan sumber daya yang ada di lembaga tersebut dengan memproyeksikan
stakeholder utama kedepan.
B.Saran
Semoga makalah ini bermanfaat bagi
penulis khususnya rapa pembaca,kami harapkan keritik dan saran yang membangun
kepada penulis demi kesempurnaan makalah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar